Pada saat epidemi, warga selalu harus mempertahankan kesehatan finansialnya untuk penuhi beberapa jenis keperluan.

Dia merekomendasikan alokasi keuangan dengan formula 50:30:10:10. Rinciannya ialah 50% ongkos hidup, 30% angsuran credit, 10% investasi, serta 10% perlindungan diri atau keluarga. Bila tidak mempunyai angsuran, alokasi 30% dapat diarahkan untuk investasi.Sesaat instrumen yang mempunyai imbal hasil tinggi seperti saham, reksa dana, serta property lebih cocok untuk investasi periode panjang.

Narasi Guru Les Private yang Jadi Investor

Keuntungan dari melakukan investasi dirasa oleh salah satunya guru les private di Jakarta Timur, Dwi Darmawan (24). Dwi menjelaskan dianya baru mencicip investasi ritel semenjak awal Januari kemarin. Untuk pemula, dianya menjajal beberapa jenis instrumen dari mulai saham, reksa dana, surat bernilai nasional, sampai emas.

“Dahulu kan senang manjain diri membeli handphone (gawai), fesyen, dan sebagainya. Saat ini mulai quarter life crisis, teringat terus bagaimana ya membeli rumah kelak? Ya telah saat ini nyicil-nyicil investasi saja dahulu,” katanya dalam info tercatat, Senin (21/9/2020).

Sekarang, Dwi menggenggam portofolio investasi yang didominasi oleh emas, baik fisik atau non fisik. Setiap bulan dia beli 0,5-1 gr emas bersertifikat LBMA dari PT Bermacam Tambang (Antam) Tbk sebab dapat diperjual-belikan dengan cara internasional. Tersisa anggarannya dia pakai untuk beli emas digital sebab harga dapat dijangkau.

“Saat jatuh-jatuhnya harga saham, ibaratnya emas seperti penahan. Contohnya saham lagi rugi, emas tidak akan labil serta abadi pada fluktuasi harga. Ibaratnya setiap tahun tentu konstan, jika turun tidak mencolok,” katanya.

Sedang untuk investasi reksa dana digital, Tokopedia kerja sama juga dengan Bareksa untuk agen penjual dampak reksa dana (APERD). Ada dua produk reksa dana yang ditawarkan Tokopedia, yaitu Mandiri Pasar Uang Syariah (MPUSE) serta Syailendra Dana Kas (SDK). Pemakai Tokopedia mulai bisa melakukan investasi dengan dana minimum Rp 10.000.

Leave a Reply

Your email address will not be published.